Sistem Perekonomian di Indonesia

Rabu, 29 Februari 2012
pada kesempatan ini saya akan membahas tentang sistem perekonomian yang dianut oleh Indonesia. tapi, sebelum saya membahas lebih lanjut, apa sih arti dari sistem perekonomian??

menurut sumber yang saya dapat dari wikipedia, sistem perekonomian adalah sistem yang digunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut. maka dari definisi itu dapat kita tarik kesimpulan bahwa tiap negara memiliki SISTEM PEREKONOMIAN yang berbeda-beda. maka dari itu saya akan menjelaskan sistem-sistem yang dianut oleh mayoritas negara di dunia ini ..




1. Sistem Perekonomian Terencana
Sistem perekonomian ini kekuasaan tertinggi berada di tangan pemerintah, sehingga pemerintah sendiri yang mengatur faktor-faktor produksi dan mengalokasikan hasil-hasil produksi. tapi kepemilikan hasil dari produksi tidak selamanya berada ditangan pemerintah, namun setelah perekonomian dianggap matang, maka pemerintah memberikan hasil-hasil  produksi itu kepada para buruhnya. sehingga sistem perekonomian ini menganut dua sistem, yaitu komunisme dan sosialisme.

menurut saya,sisi positif dari sistem ini adalah minimnya kesenjangan sosial antara kaum kaya dan kaum miskin karena semua diatur oleh pemerintah. namun seiring dengan berkembangnya kesadaran masyarakat dan tuntutan perekonomian internasional, sistem ini mulai ditinggalkan penganutnya, contohnya adalah pecahnya negara-negara berpaham komunis sehingga pada akhirnya sistem perekonomiannya bersifat sosialis..
negara-negara yang pernah menganut sistem ini adalah uni soviet dan negara-negara timur, namun saat ini hanya kuba, korea utara, vietnam dan RRC. tapi RRC sendiri saat ini mulai melonggarkan diri dengan mengijinkan perusahaan swasta mengatur faktor produksinya.




2. Sistem Perekonomian Pasar
berbeda dengan sistem perekonomian terencana, sistem ini tidak begitu signitifkan dalam mengatur faktor produksi dan alokasinya. Namun, pasar lah yang dominan dalam mengatur semuanya melalui penawaran dan permintaan. karena pemerintah tidak ikut andil dalam mengatur perekonomian, maka produsen dan konsumen dengan bebas dapat membeli dan menjual barang yang mereka inginkan. dalam sistem perekonomian pasar sangat bergantung pada kapitalisme dan liberalisme.

menurut kesimpulan saya, dampak positif dalam sistem perekonomian ini adalah majunya industrialisasi negeri tersebut dengan menarik investor dari luar negeri.


3. Sistem Perekonomian di Indonesia
setelah kita membahas dua sistem diatas, kita dapat menarik kesimpulan bahwa sistem perekonomian di Indonesia adalah sistem ekonomi yang dipilih dan diberlakukan dengan tujuan mengatur kegiatan ekonomi agar kemakmuran dan kesejahteraan rakyat dapat dijalankan.
Di Indonesia sendiri menganut 4 sistem perekonomian, yaitu :
1) Sistem Ekonomi Tradisional
sistem perekonomian yang masih terikat dengan adat istiadat setempat. kegiatan ini hanya berlaku bagi penghuni di suatu daerah saja.

2) Sistem Ekonomi Kapitalis
sistem perekonomian yang memberikan kebebasan pada masyarakat untuk memilih dan membuat usaha sesuai dengan keinginan, keahlian dan kemampuannya.

3) Sistem Ekonomi Sosialis
sistem perekonomian yang seluruh aktivitas perekonomiannya direncanakan, dilaksanakan dan diawasi oleh pemerintah secara terpusat

4) Sistem Ekonomi Campuran
sistem ekonomi campuran dari sistem ekonomi liberal dan sistem ekonomi sosial.

setelah kita mengetahui sistem perekonomian tersebut, kesimpulan yang saya dapat setelah membuat artikel ini adalah:
".bahwa sistem yang sangat cocok untuk negara demokrasi seperti Indonesia ini adalah Sistem ekonomi campuran".
mengapa??
1.sistem tradisional sudah pasti tidak bisa berlaku di era globalisasi saat ini. kita sebagai negara berkembang harus terbuka terhadap inovasi dan teknologi dari negara asing.

2.sistem Kapitalis yang hanya bertujuan mencari laba rentan menimbulkan tindakan kriminal dan persaingan yang tidak sehat sehingga kesenjangan sosial antara kaum kaya dan kaum miskin semakin besar.

3. sistem Sosialis menurut saya sebenarnya bisa menjadi sistem perekonomian yang ideal di Indonesia ini. Namun jika pemerintahan yang tidak jujur seperti sekarang ini sangat rentan menimbulkan korupsi dan menimbulkan ketidakpercayaan masyarakat terhadap pemerintahan.


4. sistem perekonomian campuran sangat ideal bagi negara demokrasi ini karena selain diberi kebebasan dalam menciptakan usaha, pemerintah juga mengeluarkan peraturan yang membatasi kegiatan produksi. sebagai contoh, larangan untuk menjual barang-barang tertentu untuk anak di bawah umur, pengontrolan iklan (advertising), dan lain-lain.


demikian entri saya kali ini, semoga bermanfaat .







mau tau seputar gunadarma??
kunjungi link ini www.gunadarma.ac.id

Share

2 komentar:

  1. wah pas banget gan ama tugas kuliah ane!!

  1. Dark Knight mengatakan...:

    first time visitor to your blog I am very impressed.
    Economics :)

Poskan Komentar