Kartu SmartCard Bikin Untung atau Rugi?

Minggu, 24 November 2013





nahh, kali in igue mau entri  tentang smartcard. sebelumnya kalian tau gak apakah smartcard itu? gue juga baru kata smartcard ini dari dosen perbankan gue di semester 5 ini. Smartcard menurut gue adalah sebuah kartu simple untuk pembayaran "kecil" yang diterbitkan bank untuk memudahkan transaksi belanja anda. Dan ternyata sebelum dosen gue membahas smartcard, ternyata gue sendiri udah punya smartcard. (nah kok bisa?) Smartcard yang gue miliki adalah
Kartu Flazz BCA. gue memilikinya nggak gratis loh, dengan membayar kepemilikan kartu/ biaya administrasi sebesar 50.000 idr , gue memiliki kartu yang siap diisi ulang untuk berbelanja. sistem dari kartu ini adalah, setelah kita memiliki kartu ini( dengan biaya 50rb) dan lalu kita refill kartu ini( min 50rb dan kelipatannya) baru bisa digunakan untuk berbelanja. dan kartu yang gue miliki ini gue beli di Gramedia. karena tiap gue beli komik si mbak kasir selalu bertanya "apakah ada kartu membernya?" gue selalu berkata "nggak". nah, setelah berkali-kali  tiap belanja di gramedia ditanyain pertanyaan yang sama, gue tanya balik "emang kegunaan kartu member apaan mbak?" lalu si mbak berkata dengan senyum manisnya (nggak semuanya senyum, karena ada juga yang jutek) "kalo ada member tiap beli komik adek dapet potongan 10%" . yah 10% doang... kata dalam hati gue. tapi setelah gue liat di internet, ternyata kartu flazz ini juga dapat digunakan di merchant-merchant yang bekerjasama dengan BCA selain Gramedia. setelah kontroversi hati gue yang gak makin menentu, akhirnya gue beli juga tuh kartu smartcard. gue ke gramedia bawa duit 100rb, dan akhirnya gue dapet sebuah kartu dengan duit di dompet 50rb. nah, ada kejadian lucu dan sebel bagi gue, karena mbak customer service nggak bilang secara detail, maka yang ada dipikiran gue adalah "kita beli buku, bayar ke kasir pake duit, lalu tunjukin kartu smartcardnya trus dapet disc 10%" 
 nah, saat didepan meja kasir, si mbak berkata "ada kartu membernya ?" gue jawab "ada mbak". gue tunjukin kartu member itu. lalu si mbak nya berkata "ini mau diisi saldo atau cek point aja?" ( ternyata setiap pembelanjaan 25.000idr kita dapet 1poin. 1 poin itu bernilai 400 idr. bila sudah terkumpul 250poin, baru bisa ditukar/diuangkan 100.000 idr) . karena gue masih nggak ngerti maksud mbak kasir, gue bilang "cek poin aja" . nah inilah momen konyol dalam hidup gue yang bikin gue malu. gue bayar pake cash, lalu gue kasih kartu membernya buat cek poin. dan gue dikasih struck setelah pembayaran, gue gak dapet diskon. gue kaget, lalu gue tanya ke mbak kasirnya. "loh mbak, kok gak dapet diskon?" si mbak kasir menjawab dengan senyumnya. " iya mas, diskon diberikan kalo pembayaran dari kartu flazznya, jadi harus diisi saldo dulu kartunya". malu dan sebel dalam hati gue. dari kejadian ini gue melupakan satu hal penting : apagunanya smartcard kalo kita masih bayar pake cash?



 itu pengalaman gue tentang smartcard. memalukan memang. kadang dalam berbelanja gue juga sering pakai kartu debit BCA karena males ambil uang lewat ATM. Dosen perbankan gue bilang ATM adalah produk turunan dari tabungan atau istilahnya anaknya. kalo smartcard? bisa disebut cucunya tabungan. karena dalam smartcard tidak ada indentitas pemilik maupun tanda tangan kita. jadi hanya berupa kartu biasa yang berisi saldo. seandainya hilang pun, udah nggak bakal bisa dilacak. lagipula pengisian saldo nya maksimal 2 juta idr kalo nggak salah. setiap benda pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. berikut adalah kelebihan dan kekurangan yang gue rasain :



Kekurangan atau kelemahan :

1. Nggak bisa dilacak. kalo kartu smartcard anda hilang ya nasib. meskipun ditemukan orang baik dan ingin dikembalikan, dikembalikan kepada siapa? karena tak ada satu pun identitas  anda dikartu smartcard.

2. pengisian kelipatan 50.000 idr. Pengisian harus setiap kelipatan 50.000 idr, sperti 100.000 , 150.000 , dst. maksimal saldo dari kartu ini adalah  2 juta idr kalo nggak salah.

3.Hanya di Merchant tertentu. ya, hanya di merchant tertentu yang bekerjasama dengan bank BCA, atau bca flazz. jadi tanya-tanya dulu sebelum berbelanja apabila hanya mebawa kartu ini.

4. Waspada kasir Nakal. gue pernah baca artikel orang yang ngepost tentang smartcard ini, dia bayar parkir pake kartu smartcard. biaya parkir mobilnya sebesar 16rb. tapi si petugas parkir ini menggesek kartu ini 2x, jadi abis deh duit 32rb buat parkir. jadi waspada aja buat kalian yang ingin membayar, atau mengisi saldo. lebih baik anda amati petugasnya ketika pengisian saldo.


kelebihan atau keuntungan :
1. mendapat potongan 10% sesuai dengan merchant-merchant tertentu. (Mendapat disc pun bukan berarti kita mendapat diskon dari segala produk yang dijual merchant tsb, tapi mendapat potongan apabila kita membeli produk asli merchant tsb. sebagai contoh, gue hanya dapet diskon 10% apabila gue membeli buku terbitannya grup gramedia saja. sedangkan buku dari penerbit lain, kita gak dapet diskon. contoh lainnya di alfamart, kita hanya dapet diskon apabila membeli produk merk alfamart)

2. simple dan nggak repot . pasti pernah kan kalian belanja abisnya 102.150 rupiah? bagi pemegang smartcard kita gak perlu menerima kembalian receh, karena total biaya yang kita gunakan akan dikurangkan dari saldo smartcard anda.

3. Penolong disaat darurat. ketika bensin udah hampir habis, duit abis lupa ambil di ATM, smartcard sangat membantu loh. atau disaat anda ingin membeli sesuatu di toko tapi lupa bawa uang. tapi ada syaratnya, kartu smartcard anda ada saldonya. apabila nggak ada ya...... nasib.

4. Kas didompet bukan prioritas. bila kita ingin mengisi saldo smartcard ini, tidak hanya menggunakan kas. tapi bisa juga menggunakan kartu debit BCA kita.

5. Katalog Promosi. penting juga bagi kalian yang gemar shopping. didalam katalog ini, pada periode tertentu, merchant-merchant yang bekerjasama dengan BCA flazz memberikan diskon yang nggak seperti biasanya. contohnya : pada tanggal 18-30 november 2013 ini toko Gramedia memberi diskon 20% bagi pembayaran melalui kartu kredit atau kartu flazz terhadap pembelian produk terbitan gramedia.
kalian bisa lihat katalognya disini :katalog promosi flazz



Nah untuk menjawab judul entri ini: Kartu Smartcard bikin untung apa rugi? jawaban gue adalah untung, apabila kalian yang hobby belanja dan itensitas  belanja yang besar, ini merupakan sebuah keuntungan . dan bagi anda yang jarang belanja, kalian bisa lihat di katalog promosi karena promosi yang ditawarkan memiliki diskon yang lebih besar pada periode tertentu. dan perlu diingat, kartu smartcard ini memiliki masa aktif selama 2 tahun. bila masa aktif habis, anda cukup membayar 50rb lagi untuk memperpanjangnya. gimana menurut kalian?
 Kartu SmartCard Bikin Untung atau Rugi?





Share

5 komentar:

  1. zainproduction mengatakan...:

    Artikel bagus dari pengalaman, sangat membantu, untuk referensi ane tugas E-Commerce mengenai "SmartCard", Beribu ribu terimakasih gan, keep nice posting

  1. Muhammad Rizky mengatakan...:

    Kalau misalkan tetap terbitan Gramedia, harus syarat isi saldo dulu baru dapat diskon? -_-

  1. Terima Kasih infonya. Sangat membantu saya. 👩😊

  1. Terima Kasih infonya. Sangat membantu saya. 👩😊

  1. Hesty Wijayanti mengatakan...:

    2016 kartu flaz gratis d bca,, saldonya tetep modal sendiri :D

Poskan Komentar