METODE DAN DESAIN RISET (PENDAHULUAN)

Minggu, 13 April 2014


RISET AKUNTANSI
METODE DAN DESAIN RISET
3 EB 11



Disusun Oleh :
1.      Abdurahman  Sutrisno         ( 20211039 )
2.      Indra Surya                          ( 23211611 )
3.      M. Fahli Riza                       ( 24211811 )
4.      M. Widodo                           ( 24211721 )
5.      Resi Sekundra                      ( 25211986 )
6.      Rahmat Rizki                       ( 25211792 )
7.      Sebastian                              ( 28211251 )
8.      Yoga De’ Aria Nugroho       ( 27211521 )



FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS GUNADARMA
DEPOK
2014





BAB I
PENDAHULUAN


1.1 LATAR BELAKANG

            Perkembangan zaman yang begitu pesat seperti saat ini diikuti pula dengan pesatnya perkembangan intelektual manusia. Banyak sekali pengetahuan yang perlu untuk dikembangkan lagi menjadi sebuah ilmu pengetahuan baru yang dapat dimanfaatkan bagi kemaslahatan manusia. Berbagai cara digunakan untuk mengembangkan pengetahuan ataupun mencari ilmu pengetahuan baru. Salah satu cara untuk mengembangkan pengetahuan tersebut adalah penelitian.
            Penelitian sendiri tidak dapat dipisahkan dari tahap-tahap perkembangan kehidupan manusia, khususnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pentingnya suatu penelitian dan hubungannya dengan berbagai hal dalam kehidupan mengakibatkan penelitian harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan berdasarkan etika kebenaran. Sehingga setiap pedoman yang sistematis menjadi perhatian utama agar penelitian yang mandiri, subjekif, dan kritis dapat dilaksanakan dengan baik.
            Dalam melakukan penelitian salah satu hal yang penting ialah membuat desain penelitian. Desain penelitian bagaikan sebuah peta jalan bagi peneliti yang menuntun serta menentukan arah berlangsungnya proses penelitian secara benar dan tepat sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Tanpa desain yang benar seorang peneliti tidak akan dapat melakukan penelitian dengan baik karena yang bersangkutan tidak mempunyai pedoman arah yang jelas. Manfaat desain penelitian akan dirasakan oleh semua pihak yang terlibat dalam proses penelitian, karena dapat digunakan sebagai pedoman dalam melakukan proses penelitian.
            Selain itu, agar sebuah penelitian memiliki batasan-batasan dan dapat disusun secara terstruktur dan terkonsep dengan baik, maka diperlukan sebuah metode penelitian. Mengingat betapa pentingnya desain dan metode penelitian bagi sebuah penelitian, maka kelompok kami akan membahas mengenai Desain dan Metode Penelitian dalam Makalah ini.


1.2 Rumusan Masalah
                        Setelah melihat dan memahami pentingnya Riset Akuntansi ini ,  maka berikut ada beberapa  rumusan masalah yang akan dijawab di pembahasan nantinya agar makalah ini sempurna. Rumusan masalah tersebut adalah sebagai berikut :
1.      Apakah yang dimaksud dengan metode dan desain riset?
2.      Metode apa sajakah yang digunakan dalam riset?
3.      Apa sajakah jenis desain riset?
4.      Apakah perbedaan metode kualitatif dan kuantitatif?

1.3  TUJUAN

Adapun tujuan penyusunan makalah ini adalah sebagai berikut :

·         Agar kita memahami kompetensi yang diharapkan dari Riset Akuntansi.
·         Agar kita memahami metode-metode yang digunakan dalam riset Akuntansi.
·         Agar kita dapat mengimplementasikan  Riset Akuntansi  di kehidupan sehari-hari.


Share

0 komentar:

Poskan Komentar