Draco Volans, si kecil pemberani dan galak!

Kamis, 12 Januari 2012
halo Guys,
pasti kalian pada bingung ya  apa sih draco volans? kenapa bisa dibilang si kecil pemberani dan galak?
sebelumnya, saya menulis entri ini karena "tertegun" melihat si Draco Volans untuk pertama kalinya..
di rumah, saya memiliki seekor kucing jantan yang cukup gede, si meong ini suka banget  makan cicak dan sejenisnya.. sebelum di makan, si "korban" dibuat mainan ma meong ini..
ga seperti biasanya si meong ga langsung makan "korban" nya. tapi malah berantem! tau gak korbannya itu apa?
ternyata hewan sejenis cicak/ kadal yang bisa terbang.. ketika si meong mencakar si cicak itu, bukannya lari seperti cicak biasanya, tapi malah melawan dan menggigit si meong gua..
kaget banget saya liat si meong saya meringkik( emangnya kuda?!) dan menjadi takut melawan cicak itu..
timbul keinginan saya untuk memiliki cicak terbang itu. kata karyawan saya yang dari sunda sih, cicak itu namanya hap-hap..
 setelah berhasil menangkap hap-hap itu,  segera gw pindahkan ke plastik dan digantung diatas tembok biar ga jadi pembalasan dendam si meong gua ini.. tapi, sial bagi gua, si cicak terbang itu berhasil lepas dan saat hendak di ambil ma karyawan gua , si cicak ini malah menggigit tangan karyawan gua.. karena kaget, di pentunglah cicak itu hingga wassalam... setelah itu dimakan juga ma meong gua ini..
sebagai mahasiswa yang sekalu ingin tahu,( ehm2..) gua mencari tau lebih lanjut tentang cicak terbang atau Draco Volans ( keren banget namanya) lewat wikipedia dan dari google . selamat membaca!!





`~~DRACO VOLANS~~

1.Introducing

Ternyata nama aslinya adalah cekibar kampung, di indonesia sendiri namanya berbeda-beda, seperti cekibar (betawi), hap-hap (sunda), dan cleret gombel atau klarap (jawa). sedangkan dalam bahasa inggris disebut gliding lizards atau flying dragon. dan nama ilmiahnya adalah Draco Volans.
binatang ini bisa dijumpai mulai dari Thailand dan Semenanjung Malaya di barat; Kepulauan Filipina di utara; Sumatra, Mentawai, Riau, Natuna, Borneo, Jawa, Nusa Tenggara, Sulawesi, hingga Maluku di timur. serta di hutan tropis asia tenggara lainnya..



2. Characteristic

  • Kadal yang berukuran agak kecil, panjang total hingga 200 mm
  • Patagium (‘sayap’) berupa perpanjangan enam pasang tulang rusuk yang diliputi kulit
  •  si atas patagium dengan warna kuning hingga jingga, berbercak hitam. Sisi bawah abu-abu kekuningan, dengan totol-totol hitam.
  • Kepala berbingkul-bingkul, bersegi-segi dan berkerinyut seperti kakek-kakek; dengan kantung dagu berwarna kuning (jantan) atau biru cerah (betina), dan sepasang sibir kulit di kiri kanan leher.
  • Rigi mahkota kecil, terletak di sisi belakang kepala. Mata khas kadal agamid, dengan pelupuk tebal menonjol.
  •  Dorsal (sisi atas tubuh) berwarna coklat sampai kehitaman atau keabu-abuan, warna bisa berubah menjadi lebih gelap atau lebih terang bila merasa terganggu.
  •  Sepanjang vertebra (tulang belakang) terdapat pola bercak-bercak hitam yang teratur letaknya: mulai dari ubun-ubun, belakang kepala,tengkuk.
  •   kemudian membesar dan berubah menjadi pola hitam kecoklatan setengah lingkaran di tiga titik di punggung (dorsum) dan satu di pangkal ekor. Pola warna semacam ini merupakan samaran yang baik di pepagan pohon.


  • Ventral (sisi bawah tubuh) abu-abu keputihan, agak kehijauan di sisi medial (garis tengah tubuh); dengan titik-titik kecoklatan di arah lateral (sebelah pinggir tubuh)
  •  Ekor sekitar 1½ kali panjang tubuh; berbelang-belang di ujung, dengan sisik-sisik yang berlunas kuat menjadikannya nampak bersegi-segi.



3.Abilities

  • Kadal Draco jantan sangat proaktif menggunakan kemampuan terbangnya. Mereka meluncur terbang untuk mengejar pesaing dari dua atau tiga pohon yang mereka klaim sebagai milik mereka.
  •  Kadal Draco sangat jarang turun ketanah. Kadal Draco betina turun ketanah untuk bertelur saja
  •  Umumnya kadal Draco betina hanya bertelur sampai 5 butir saja, lubang telur ditutupi dengan daun dan betina menjaga sarangnya selama 24 jam sebelum kembali ke aas pohon dan meninggalkan telur di dalam sarang.





4.scientific classification

filum :chordates
upafilum : vertebrata
kelas : reptilia
ordo : squamata
upaordo  : sauria
superfamili : acrodonta
famili : agamidae
upafamili : draconinae
genus : draco
species : Draco Volans
































cukup sampai sini yang bisa saya jelaskan tentang Draco Volans, si cecak terbang.. Btw, ternyata populasi species ini udah hampir punah loh.. oleh karena itu mari kita bersama-sama menjaga alam sekitar kita agar kelak anak cucu kita bisa melihat secara langsung apa itu  Draco Volans. si kecil pemberani dan galak !

terimakasih telah mengunjungi blog ini dan semoga bermanfaat!! 









mau tau info seputar gunadarma?? kunjungi link www.gunadarma.ac.id

























Share

3 komentar:

  1. Unknown mengatakan...:

    saya ada cekiber mau bayarin nieh 300rb aja nangkepnya susah

  1. Unknown mengatakan...:

    klo mau chat aja di email saya farhansobari18@gmail.com

  1. Unknown mengatakan...:

    Kalau ada kebun mangga, biasannya banyak tu. Saya dulu waktu kecil sering "nakal" nangkap cicak itu (ditempat saya disebut Cleret Gombel) trus tiup mulutnya pake sedotan jadi bola dia. (mohon tidak ditiru karena penyiksaan hewan itu tindakan tidak terpuji)

Posting Komentar