Mengenang The Carpenters

Rabu, 11 Januari 2012
hay guys,
walaupun indo saat ini lagi ngetrend musik k-pop sehingga muncul i-pop seperti smash,xo ix,  cherrybelle, 7icons, dan kawan-kawannya, tapi saya lagi ketagihan denger lagunya the canpenters yang berjudul Close to You.. waktu pertama kali denger sih yang nyanyiin ayumi hamasaki, tapi setelah browsing2 di google, ternyata the carpenters toh yang populerin lagu ini..ternyata lagu ini jadul banget..
dan dalam kesempatan ini, saya pun mencoba tuk mengulas lebih lanjut tentang the carpenters..



 Carpenters adalah duo vokal dan instrument yang terdiri dari dua kakak beradik, Richard Lynn dan Karen Anne Carpenter yang berasal dari amerika...Karen sebagai vokalis, sedangkan kakaknya, Richard, berperan sebagai pianis. Mereka mencapai masa jaya mereka di pertengahan tahun 1970-an.   Dengan ciri khas harmoni musik popnya, mereka berhasil membukukan sejumlah rekaman terpopuler dalam American Top 40, dan menjadi tokoh terkemuka dari genre soft rock dan menduduki salah satu tempat paling terkemuka di antara para artis rekaman dalam dasawarsanya. Diperkirakan penjualan album dan single Carpenters mencapai lebih dari 100 juta copy,dengan hasil inilah menjadikan mereka bagian dari daftar pemusik rekaman terlaris sepanjang masa.

Dalam 14 tahun karirnya, Carpenters menghasilkan 11 album rekaman dan 31 singles. Kematian Karen pada 1983 akibat anorexia nervosa(Semacam penyakit kejiwaan yang selalu ingin kurus & membuat penderitanya ga punya keinginan untuk makan sama sekali)Dengan meninggalnya Karen, karir The Carpenters otomatis terhenti & nama mereka kini tinggalah sebuah legenda di musik pop. mengakhiri karir Carpenters sekaligus meninggalkan begitu banyak lagu-lagu indah yang akan selalu diingat oleh banyak orang,termasuk Close To you lagu favorit saya..





1. Karen Anne Carpenter
 Karen yang dilahirkan pada 2 Maret 1950 adalah sosok yang periang dan mudah bergaul, namun tidak menunjukkan bakat bermusik sama sekali hingga usia 14 tahun. Di tahun pertamanya di Downey High School, Karen bergabung dengan marching band sekolah dan memainkan alat musik glockenspiel (alat musik seperti gamelan yang berasal dari Jerman). Terinspirasi oleh salah satu temannya, Frankie Chavez, Karen mulai tertarik untuk bermain drum dan sering memainkan drum dengan sumpit. Hal ini direspon dengan baik oleh kedua orang tua nya dengan membelikan Karen sebuah drum set. Karen belajar dengan sangat cepat 
                                  dan pada 1966 bergabung dengan kakaknya membentuk Richard Carpenter Trio.
2. Richard Lynn Carpenters

Lahir pada 15 Oktober 1946 di New Haven, Connecticut. Richard adalah seorang anak yang pendiam dan banyak menghabiskan waktunya dengan mendengarkan musik dan bermain piano. Pada 1964, Richard diterima di Long Beach State, tempat dimana dia bertemu dengan beberapa teman yang berperan sangat penting dalam karir Carpenters : John Bettis yang ikut membantu dalam menciptakan lagu "Top of the World", "Goodbye to Love" dan "Only Yesterday" ; Wesley Jacobs yang bermain bass dan tuba untuk Richard Carpenter Trio ; Frank Pooler, salah satu kolega Richard yang ikut berkolaborasi dalam pembuatan lagu "Merry Christmast Darling" (1966) sekaligus menjadi guru piano Richard.


album2 the carpenters..
1. 1969 - Ticket to Ride (Remake of "Offering" album)
 2. 1970 - Close to you
 3. 1971 - Carpenters
 4. 1972 - A song for you
5. 1973 - Now and then
 6. 1975 - Horizon
 7. 1976 - A kind of hush
8. 1977 - Passage
 9. 1978 - Christmas portrait
 10. 1981 - Made in America
 11. 1983 - Voice of the heart



~about ''Close to You'' song: 
 "(They Long to Be) Close to You" adalah lagu yang sangat populer, ditulis oleh Burt Bacharach dan Hal David. Lagu ini pertama kali direkam oleh Richard Chamberlaine dan dirilis sebagai single pada 1963.Selain itu, lagu ini juga pernah dibawakan oleh Dionne Warwick pada 1963-1964. Pada 1970, lagu ini kembali dibawakan oleh Carpenters dan secara mengejutkan mampu bertahan selama 4 pekan di peringkat pertama Billboard Hot. Lagu ini juga menjadi lagu paling sukses yang pernah direkam oleh A&M Records dan mendapat Grammy Award untuk kategori Best Contemporary Performance by a Duo, Group or Chorus di tahun 1971.
 Lagu ini kemudian juga dibawakan oleh banyak artis, salah satunya adalah Karen Mok, aktris asal Hongkong. Lagu ini dibawakan sebagai soundtrack film So Close (2002) yang dimainkan oleh Karen Mok, Shu Qi, dan Vicky Zhao. Film ini cukup sering diputar di stasiun TV swasta di Indonesia, sehingga menjadikan lagu ini sebagai salah satu lagu Carpenters yang paling populer bagi masyarakat Indonesia. 


Close to You lyric:

Why do birds suddenly appear
Every time you are near?
Just like me, they long to be
Close to you

Why do stars fall down from the sky
Every time you walk by?
Just like me, they long to be
Close to you

On the day that you were born the angels got together
And decided to create a dream come true
So they sprinkled moon dust in your hair
Of golden starlight in your eyes of blue

That is why all the girls in town
(Girls in town)
Follow you
(Follow you)
All around
(All around)
Just like me, they long to be
Close to you

On the day that you were born the angels got together
And decided to create a dream come true
So they sprinkled moon dust in your hair
Of golden starlight in your eyes of blue

That is why all the girls in town
(Girls in town)
Follow you
(Follow you)
All around
(All around)
Just like me, they long to be
Close to you
Just like me, they long to be
Close to you

(Why? Close to you)
(Why? Close to you)
(Haa, close to you)
(Why? Close to you)

lagunya memang asik bener untuk di dengerin... pop bercampur klasik yang bisa membuat kita melayang saat dengerin itu lagu...hahaha..
nah, bila mau denger lagunya bisa klik disini

cukup sampai disini dulu tentang The Carpenters, dan lagu favorit saya, Close to You..


Share

0 komentar:

Poskan Komentar