Rendang, Makanan Terlezat di Dunia

Jumat, 06 Januari 2012
beberapa bulan lalu, di Indonesia di hebohkan dengan munculnya daftar peringkat makanan terlezat di dunia yang dikeluarkan oleh situs CNNGo.com, yang mengejutkan, Rendang makanan khas yang berasal dari daerah Padang menempati peringkat pertama. Disusul oleh nasi goreng diperingkat kedua. berikut daftar makanan yang termasuk 50 besar makanan terlezat di dunia versi CNN.Go.com :

1. Rendang, Indonesia 

Makanan ini menggunakan bahan dasar santan dan daging sapi, yang direbus perlahan dengan campuran bumbu serai, lengkuas, bawang putih, kunyit, jahe, dan cabai. Setelah mendidih, apinya dikecilkan dan terus diaduk hingga santan mengental dan menjadi kering. Rendang biasa ditemukan di rumah makan Minang, dan seringkali disajikan dalam acara-acara seremonial.

2. Nasi goreng, Indonesia 

Darimana sebenarnya asal nasi goreng? Indonesia, China, atau Thailand? Entahlah, yang pasti nasi goreng Indonesia lah yang menempati urutan kedua pada daftar ini. Sedangkan nasi goreng Thailand ada di urutan ke-24. Pada dasarnya, nasi goreng terdiri atas nasi, telur, dan suwiran ayam goreng. Makanan ini sangat mudah diolah, tidak heran di Indonesia ada beragam jenis hidangan nasi goreng.


3. Sushi, Jepang

Bagaimana Jepang mengolah ikan dan nasi menjadi begitu lezat itulah yang membuat sushi menjadi salah satu hidangan favorit masyarakat dunia. Ikan mentah tak kehilangan kesegarannya, dan ketika dikombinasikan dengan sayuran seperti mentimun, rasanya memang menyatu sempurna di lidah. Tak hanya lezat, sushi juga kerap dirangkai dengan begitu artistik sehingga mudah menggugah selera siapa saja.

4. Tom yam goong, Thailand 

Sup yang segar ini menggunakan bahan udang, jamur, tomat, serai, lengkuas, dan daun jeruk purut. Rasanya yang asam, asin, pedas, dan manis, memang membuatnya disukai banyak orang. Udang memang merupakan bahan yang paling sering digunakan, tetapi ada juga tom yam yang memakai ayam, ikan, dan campuran makanan laut lainnya.

5. Pad thai, Thailand 

Anda yang kurang begitu menggemari makanan Thailand pun pasti akan menyukai hidangan yang satu ini. Mirip dengan Bulgogi, makanan Korea yang menempati urutan ke-23, pad thai merupakan hidangan kaya nutrisi yang disatukan menjadi satu sajian mi goreng yang mewah. Rahasianya ada pada sausnya, yang merupakan adonan asam jawa.

6. Som tam, Thailand 

Som tam adalah salad Thailand yang menggunakan bahan utama pepaya. Untuk membuat salad ini, Anda perlu menyiapkan bahan lain seperti bawang putih dan cabai yang ditumbuk dengan lumpang dan ulekan. Kemudian air asam jawa, saus ikan, kacang, udang kering, tomat, air jeruk, adonan tebu, kacang buncis, dan segenggam parutan pepaya hijau.

7. Dim sum, Hong Kong 

Kunjungan ke Hong Kong tak akan lengkap tanpa mencicipi hidangan makan siang tradisional dari Canton ini. Dim sum menjadi populer karena bisa dinikmati oleh siapa saja, dari anak-anak, orang tua, masyarakat lokal maupun turis. Bentuknya yang kecil bisa dimakan dalam sekali suap, dan karenanya membuat orang tak akan pernah puas menyantap satu porsi saja.

8. Ramen, Jepang

Konon, orang Jepang mengatakan, semakin lezat ramen atau hidangan mi yang Anda nikmati, Anda harus menyeruput kuah kaldunya dengan lebih keras untuk menghormati juru masaknya. Ada berbagai macam cita rasa ramen, dari tekstur mi-nya, topping-nya, bumbu-bumbu, dan terutama kaldunya. Hanya dari kuah kaldunya saja kita bisa menilai betapa "jenius" sang juru masak.

9. Peking duck, China 

Bebek peking adalah hidangan otentik Shanghai, dan boleh dibilang merupakan makanan China yang paling populer dan menjadi favorit di segala tempat. Bebek dipanggang perlahan di dalam oven, sehingga menghasilkan daging yang empuk dan kulit yang renyah. Begitu kaya cita rasa kulitnya, sehingga banyak rumah makan menyajikan lebih banyak kulit daripada dagingnya. Bahkan, ada sajian khusus berupa crepe isi kulit bebek peking, daun bawang, dan saus hoisin yang manis.

10. Massaman curry, Thailand 

Hidangan kari yang pedas, bersantan, manis, dan gurih. Biasanya menggunakan daging sapi, tetapi sering juga memakai ayam, bebek, atau tahu. Selain itu, masakan ini berisi kacang panggang, kentang, yang dimasak dengan daun salam, saus ikan, kayu manis, kapulaga, gula aren, adas, dan saus asam jawa, serta berbagai rempah dari Indonesia seperti kunyit, cengkih, jintan, dan pala.

11. Lasagna, Italy

12. Kimchi, Korea
13. Chicken rice, Singapore

14. Sate, Indonesia
15. Ice cream, United States 
16. Kebab, Turkey
17. Gelato, Italy 
18. Croissant, France
19. Green curry, Thailand
20. Pho, Vietnam
21. Fish 'n' chips, England 
22. Egg tart, Hong Kong 
23. Bulgogi, Korea
24. Fried rice, Thailand
25. Chocolate, Mexico
26. Penang assam laksa, Malaysia 
27. Tacos, Mexico 
28. Barbecue pork, Hong Kong 
29. Chili crab, Singapore
30. Cheeseburger, United States
31. Fried chicken, United States
32. Lobster, Global
33. Seafood paella, Spain
34. Shrimp dumpling, Hong Kong
35. Neapolitan pizza, Italy
36. Moo nam tok, Thailand
37. Potato chips, United States
38. Warm brownie and vanilla ice cream, Global
39. Masala dosa, India
40. Bibimbap, Korea
41. Galbi, Korea
42. Hamburger, Germany
43. Fajitas, Mexico
44. Laksa, Singapore
45. Roti prata, Singapore
46. Maple syrup, Canada
47. Fettucini alfredo, Italy
48. Parma ham, Italy
49. Lechon, Philippines
50. Goi cuon, Vietnam
, setelah kita mengetahui bahwa rendang dan nasi goreng kita masuk tingkat teratas, apa yang harus kita lakukan?

apakah kita akan masih mengkonsumsi fastfood/junkfood yang tidak sehat?
dengan mengetahui bahwa makanan khas Indonesia merupakan makanan terlezat, sebaiknya kita berusaha mempromosikan makanan khas lainnya  yang merupakan makanan terpopuler di seantero Indonesia ini..
maka dari itu saya lampirkan resep dan cara memasak Rendang, makanan terenak di dunia


Resep Bahan Rendang Daging :

  • daging sapi lulur 500 gram, potong melebar kurang lebih 12 bagian
  • daun kunyit 2 lembar
  • daun jeruk 2 lembar
  • serai 2 batang, memarkan
  • pekak 1 buah
  • kelapa parut sangrai 2 sendok makan
  • santan 1000-1500 ml dari 2 butir kelapa
  • minyak goreng 2 sendok makan

Resep Bumbu Halus Rendang Daging :

  • bawang merah 10 butir
  • bawang putih 6 siung
  • cabai merah 150 gram
  • cabai rawit sesuai selera
  • kemiri 5 butir
  • jinten 1/2 sendok teh
  • ketumbar 1 sendok teh
  • kunyit 1/2 cm
  • jahe 1 cm
  • garam secukupnya
ara Membuat Rendang Daging :
  1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, daun kunyit, daun jeruk, serai dan pekak hingga harum.
  2. Masukkan daging, aduk hingga berubah warna.
  3. Tuang santan dan tambahkan kelapa parut sangrai, masak di atas api sedang sambil diaduk perlahan hingga mendidih.
  4. Kecilkan api, masak hingga daging matang, berminyak dan kecoklatan.
  5. Angkan dan sajikan.
Untuk 15 potong
Selamat mencoba
Tips :
Jika daging yang digunakan cepat lunak, sebaiknya masukkan daging jika bumbu sudah berminyak.



mudah kan? selamat mencoba!
Share

0 komentar:

Posting Komentar